Sabtu, 10 Januari 2015

Cuaca di Lokasi Pencarian Black Box Kondusif



HASIL pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiksi Pangkalan Bun, kondisi cuaca di lokasi pencarian AirAsia QZ8501 cukup kondusif. Dengan cuaca tersebut, operasi pencarian black box dan korban  di area perairan Teluk Kumai, Kalimantan Tengah, bisa dilanjutkan. 

Dikutip dari keterangan tertulis Kepala BMKG, Lukman Soleh disebutkan, kondisi cuaca di perairan Teluk Kumai umumnya berawan, meskipun terdapat beberapa wilayah yang hujan di sebelah selatan.  Namun kondisinya relatif baik untuk penerbangan rendah. 

Sejauh ini cuaca hampir seperti Sabtu (10/1), walau hujan masih terjadi tetapi tidak cukup mengganggu kegiatan. Informasi lokasi-lokasi yang diperkirakan terjadi pertumbuhan awan Cumulonimbus (Cb) telah disampaikan kepada para penerbang dengan radar cuaca yang berada di Pangkalan Bun.

Kondisi gelombang laut di wilayah pencarian berkisar antara 1,5-2,5 meter, sedangkan kecepatan angin permukaan antara 7-15 knot. Arus permukaan dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan 10-20 centimeter per detik.

Kondisi ini, menurut dia, relatif menguntungkan untuk tim melakukan pencarian dan evakuasi di laut. Pada siang hari pertumbuhan awan Cumulonimbus sangat potensial dan akan muncul di sekitar sektor barat bagian selatan lalu akan berkembang ke daerah lainnya.

Untuk itu, ia mengatakan BMKG telah mengimbau kepada seluruh tim untuk tetap berhati- hati dan melihat informasi cuaca terkini yang selalu diupdate oleh pihaknya. (rmol/wid/mas)



portal berita indonesia

Berita lainnya : Pengin Gemuk Juga Harus Diet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar